buis beton

Pengelolaan dan Pemasangan Buis Beton

Buis Beton merupakan salah satu material bangunan yang terbuat dari beton dan umumnya siap pakai karena ada pabrikan yang jual buis beton. Awalnya peruntukan buis beton untuk pembangunan saluran air sehingga sering disebut juga hong atau gorong-gorong beton maupun pipa beton. Pembuatan buis beton dari adukan mortar dengan menggunakan besi sebagai tulangan untuk penguat dan ada juga yang tanpa besi.

Penampang buis beton berbentuk seperti pipa dengan ukuran yang bervariasi bergantung fungsi dan keperluan penggunaannya. Di pasaran buis beton memiliki ketebalan dinding bervariasi mulai dari 3 cm sampai dengan ketebalan 7.5 cm.

Secara teori,  berat volume buis beton adalah 2.200 kg / m3. Artinya adalah untuk memperoleh berat buis beton dengan cara menghitung volume beton buis beton dikalikan dengan berat volume beton ( 2.200 kg / m3). Semakin besar diameter buis beton akan semakin tebal dinding pipa beton.

Pengelolaan Buis Beton

Secara umum, dimensi buis beton yang ada di pasaran, antara lain

  • Diameter sisi dalam 20 cm x panjang 100 cm, berat 38 kg
  • Diameter sisi dalam 30 cm x panjang 100 cm, berat 68 kg
  • Diameter sisi dalam 40 cm x panjang 100 cm, berat 89 kg
  • Diameter sisi dalam 50 cm x panjang 100 cm, berat 189 kg
  • Diameter sisi dalam 60 cm x panjang 100 cm, berat 224 kg
  • Diameter sisi dalam 80 cm x panjang 50 cm, berat 226 kg
  • Diameter sisi dalam 80 cm x panjang 100 cm, berat 453 kg
  • Diameter sisi dalam 100 cm x panjang 50 cm, berat 278 kg
  • Diameter sisi dalam 100 cm x panjang 100 cm, berat 556 kg

Dimensi atau ukuran menentukan Harga Buis Beton.

Mengingat dimensi buis beton bergam dan ada yang cukup berat maka handling atau pemindahan buis beton diperlukan pengelolaan yang tepat. Beberapa metoda pemindahan buis beton yang tepat, antara lain:

Untuk buis beton dengan dimensi yang besar dan berat, pemindahan dari satu lokasi ke lokasi pemasangan, pemindahan dibantu menggunakan alat berat seperti crane (foco crane, telescopic crane, tower crane, crawler crane, hoist), forklift, excafator, dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk ukuran buis beton ukuran kecil, pemindahan dapat menggunakan perlengkapan sederhana seperti chainblock, lever block, hand pallet, dan lain sebagainya.

Pemindahan pipa beton (hong) dapat dilakukan secara manual yaitu dengan cara menggelindingkan buis beton. Cara menggelindingkan ini jauh lebih aman dibandingkan dengan mengangkat/menggotongnya dengan menggunakan tenaga manusia . Namun proses pemindahan dengan cara manual harus memperhatikan faktor keselamatan, seperti:

  • Jalur yang akan dilewati oleh buis beton harus bebas dari gangguan aktivitas masyarakat maupun material konstruksi lainnya.
  • Hindari penggunaan slopping yang curam, agar supaya terhindar dari gerakan pipa beton yang cepat dan tidak terkendali ketika menggelinding.
  • Pemindahan buis beton yang dilakukan secara manual ini cocok untuk area lokasi proyek yang tidak berbeda jauh dari tempat penurunan pipa beton dari pabrik.

Pemasangan Buis Beton

Pemasangan Buis Beton

Setelah melakukan tahap pemindahan produk buis beton dari lokasi pabrik menuju proyek sudah dilakukan, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pemasangan pipa beton pada lokasi proyek. Namun dalam pemasangan buis beton terdapat hal yang perlu diperhatikan seperti pengukuran sesuai rencana dan kehati-hatian.

Metoda Pemasangan Buis Beton yang dapat dikerjakan di lokasi pekerjaan, antara lain:

  • Apabila kondisi tanah sudah digali, Buis Beton dibantu dengan perlengkapan seperti tripod ataupun menggunakan tambang dadung untuk menurunkannya ke dalam tanah galian.
  • Atau menempatkan Buis Beton terlebih dahulu sebelum dilakukan proses penggalian, buis beton ditempatkan dilokasi yang akan digali, setelah itu dimulai proses penggalian dari sisi dalam buis beton.

Pekerjaan ini dimungkinkan untuk penggunaan buis beton dimensi yang besar, yang memiliki ruang untuk melakukan penggalian.

  • Buis beton ditempatkan sesuai dengan kedalaman rencana, apabila satu titik rencana kedalaman lebih dari 1 m, maka buis beton yang digunakan akan lebih dari satu unit, permukaan buis beton yang di atasnya harus tepat berada permukaan buis beton yang pertama
  • Ruangan kosong antara tanah galian dan buis beton dapat diisi kembali dengan tanah bekas galian, atau dengan material lainnya seperti sirtu, pasir, split, ataupun beton.

Jika membutuhkan Buis Beton yang  keras, halus, serta memiliki daya tahan tinggi, Pabrik Beton Lawang Indah menyediakan yang berkualitas, karena dibuat oleh tenaga yang berpengalaman.

 

Pengelolaan dan Pemasangan Buis Beton

Blog Kang Andre

About the Author: Kang Andre

Cuma seorang amatir yang mencoba membuat blog untuk menulis online. Mana suka, suka-suka, suka mana. :)

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.