Resiko Jika Tidak Update Blog

  • Whatsapp

Hampir 1 tahun blog ini tidak di-update dalam artian tidak ada artikel baru yang dipublikasikan termasuk komentar-komentar baru yang  menunggu moderasi. Apakah yang terjadi?

no update blog

Bacaan Lainnya

Resiko jika tidak update blog adalah penurunan trafik kunjungan. Jika trafik turun otomatis penghasilan adsense turun. Memang benar, yang terjadi di blog ini adalah trafik turun drastis termasuk hasil Google adsense.

Kenapa tidak meng-update blog?

Blog yang saya kelola cukup banyak. Baca selengkapnya tentang Mengapa Harus Punya Blog Banyak.

Selain itu, seperti yang tertulis di “About Me” bahwa “Blog ini akan lebih banyak berisi pengalaman, opini pribadi seputar kegiatan yang berhubungan dengan blogging. Bisa jadi sebuah tulisan tentang kejadian atau peristiwa yang menarik menurut kacamata saya.”

Padahal saya punya beberapa blog yang berkaitan khusus dengan blogging, jadi blog ini lebih banyak membahas “tulisan tentang kejadian atau peristiwa yang menarik menurut kacamata saya.”

Celakanya, meskipun banyak kejadian atau peristiwa yang menarik menurut kacamata saya, saya tidak sempat menulis, apalagi berkaitan dengan politik atau agama. Padahal cukup menarik dan menggelitik saya untuk ikut membahas.

Akan tetapi, membahas politik terutama masalah agama sangat riskan untuk ditulis online. Pasti akan timbul pro dan kontra karena menyangkut pendapat pribadi yang bisa saja orang tidak cocok bahkan berseberangan. Cukup masalah itu saya sampaikan di dunia offline.

Selain mengelola blog, saya juga aktif di beberapa forum, terutama untuk forum dimana saya ikut mengelola membutuhkan pikiran dan tenaga agar forum tetap “bersih”.

Beberapa blog perlu saya update, terutama yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan referensi. Selain ikut menyumbang ilmu, trafik cukup banyak sehingga bisa menghasilkan uang tiap bulan dari iklan yang terpasang, termasuk artikel pesanan (blogpost).

Meskipun saya tahu akan resiko jika tidak update blog ini, biarlah…!
Blog ini suka-suka. Saya akan tetap menulis jika ada sesuatu yang menurut saya menarik.

 

Alasan tidak update blog – Kang Andre

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *