12 Sep 2016

OctoPay Layanan Virtual Credit Card Bank CIMB Niaga

Saat ini, setahu saya hanya Bank CIMB Niaga yang mengeluarkan Virtual Credit Card (VCC) lewat layanan OctoPay. Layanan yang resmi diluncurkan 21 September 2015 oleh PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) ini menggandeng MasterCard Indonesia, sebuah perusahaan teknologi pada institusi keuangan global.

Bisa jadi ini merupakan inovasi dari CIMB Niaga setelah melihat perkembangan e-commercial dan situs jejaring sosial khususnya Facebook yang semakin meningkat. Oleh karena itu peluncuran OctoPay, layanan transaksi perbankan online ini menggunakan aplikasi berbasis Facebook. 

OctoPay Layanan Virtual Credit Card Bank CIMB Niaga


Keunggulan lain dari OctoPay, adalah dapat dijadikan Virtual Credit Card atau orang biasa menyebutnya VCC, sebagai alat pembayaran belanja online pada website yang menerima pembayaran kartu kredit berlogo MasterCard. Secara otomatis OctoPay bisa untuk verifikasi PayPal atau pembayaran online lainnya.

Virtual Credit Card CIMB Niaga


Bagi saya yang paling menarik adalah layanan Virtual Credit Card (VCC) Bank CIMB Niaga. Meskipun sistem kerjanya mirip virtual account bank lain, namun ada kelebihan dari VCC yaitu tidak memerlukan kartu kredit konvensional. Cukup membuka rekening tabungan di Bank CIMB Niaga sudah bisa membuat VCC dengan maksimal dana 10 juta.

Apa sih kelebihan Virtual Credit Card (VCC) itu?

Meskipun tidak memiliki wujud fisik layaknya kartu kredit namun memiliki fungsi dan data-data yang sama seperti nomor digit kartu, kode keamanan dan batas limit waktu. Tapi, namanya saja virtual maka tidak bisa digunakan pada merchant offline bisanya hanya online. Selain itu VCC dianggap cara pembayaran online yang mudah dan aman karena banyak penyalahgunaan atau pencurian data-data kartu kredit yang membuat pengguna internet enggan melakukan belanja online dengan kartu kredit.

Dan yang paling penting kita bisa belanja di situs yang hanya menggunakan kartu kredit, padahal kita tidak punya kartu kredit. Terkadang saya menemukan layanan online trial, namun harus memasukkan nomor kartu kredit terlebih dahulu, berhubung nggak punya, segera saya tutup. Juga untuk verifikasi akun PayPal agar limit bertambah, kartu kredit sebagai jaminannya. Jika ada VCC semua dapat diatasi. 

“Kerja sama dengan CIMB Niaga dalam penerbitan Virtual Credit Card ini merupakan upaya berkelanjutan untuk memfasilitasi transaksi e-commerce yang saat ini sedang berkembang pesat di Indonesia. Virtual Credit Card dari OctoPay merupakan solusi yang tepat sebagai alternatif pembayaran e-commerce.” kata Country Manager MasterCard Indonesia, Irni Palar.

Untuk layanan OctoPay CIMB Niaga yang lain, mungkin sudah umum di bank lain seperti bayar pulsa, tagihan telpon atau listrik, transfer uang dan lain sebagainya.

Catatan pribadi. Namun sayang sekali, tidak ada kantor cabang Bank CIMB Niaga di kota saya sehingga belum bisa mencoba layanan Virtual Credit Card OctoPay dari CIMB Niaga. Untuk itu saya memilih menggunakan jasa layanan pembuatan VCC murah yang sudah cukup lama menyediakan VCC, karena saya tidak memiliki kartu kredit.

Kalau mau tahu cara pemesanan produk jasa VCC dapat dibaca di cara pesan VCC. Di sana akan dijelaskan proses pemesanan dan langkah selanjutnya. Mudah kok....


OctoPay Layanan Virtual Credit Card CIMB Niaga - Kang Andre


Maaf Komentar terpaksa dimoderasi. Gunakan Nama yang wajar dan tidak out of topic. Terima Kasih