27 Jun 2016

Blog Masih Menggunakan JavaScript di Google Code

Tanpa saya sadari, ternyata blog Kang Andre ini masih menyimpan javascript di Google Code, padahal layanan hosting Google code telah berhenti sejak Januari 2016 lalu. Pada Maret 2015 ada pemberitahuan dari email [email protected] yang menginformasikan bahwa Google Code shutting down. Dan layanan hosting ini benar-benar tutup pada Januari 2016. Sebenarnya ada waktu yang sangat cukup untuk memindahkan JS ke hosting lain, karena menunda-nunda, akhirnya kelupaan. Saya tidak memperhatikan betul bahwa "related article" tidak tampil di bawah postingan.


Periksa Blog Yang Pakai JavaScript di Google Code


Untunglah beberapa blog yang saya kelola, telah saya alihkan javascript yang semula dari google code ke google drive atau yourjavascript,com. Namun ada 1-2 yang terlewatkan, maka beberapa blog tidak berfungsi dengan penuh seperti: related post,  read more di homepage nggak berfungsi atau halaman daftar isi blog yang ternyata blank (semuanya pakai blogspot).

Template yang saya gunakan ini, termasuk template lama buatan Kang Ismet dan javascript masih disimpan di google code (sebagian sudah saya pindah) dan ternyata masih ada 1 yang tertinggal yaitu javascript untuk artikel terkait. Mengingat script relatif kecil maka langsung saya tambahkan langsung di template blog ini.

Periksa Kembali JavaScript di Google Code


Tidak ada salahnya untuk memeriksa kembali blog-blog yang ada, apakah masih menggunakan JavaScript yang disimpan di Google Code? Terutama blog yang menggunakan template-template blogspot lama, sebelum tahun 2015. Jika Js masih disimpan di google code, dipastikan blog tidak akan berjalan dengan semestinya.

Caranya:
Di edit HTML template, cari (pakai ctrl+F) "googlecode"
Contoh: <script src="http://kangandre.googlecode.com/files/daftarisiblog.js" type="text/javascript" />
Jika menemukan, hapus kode tersebut dan ganti yang lain. Jika tidak punya arsip, agak repot karena url tersebut sudah tidak dapat diakses untuk di-copy. Coba tanyakan update template dari pengembangnya (kalau masih ada) atau ubah sendiri dengan meng-upload js ke hosting sendiri atau ke server hosting gratis seperti: GitHub, Bitbucket, yourjavascript.com, dll. Atau tambahkan saja ke template jika file-nya kecil.

Cara yang paling mudah adalah upload Js ke yourjavascript.com. Tinggil upload file Js kemudian url Js akan dikirim via email. Bisa digunakan untuk blog sendiri (privat) atau bersama-sama.

Catatan, selain google code yang sudah berhenti, google drive pun berencana akan menutup layanan web host-nya pada Agustus 2016. Artinya, jika javascript disimpan di google drive bisa saja tidak akan bekerja.
Anda dapat meng-host halaman web dengan Google Drive sampai dengan 31 Agustus 2016. Setelah itu, googledrive.com/host/ID tidak akan lagi bekerja.
sumber: https://support.google.com/drive/answer/2881970

Selain itu, saya coba meminimalkan template dan mengubah beberapa kode agar blog lebih cepat lagi. Salah satunya menghilangkan script addthis share yang sangat terasa memberatkan karena blog ini telah ada script adsense. Namun tidak mengubah tampilan keseluruhan.


Periksa Blog Yang Pakai JavaScript di Google Code - Kang Andre


Maaf Komentar terpaksa dimoderasi. Gunakan Nama yang wajar dan tidak out of topic. Terima Kasih