Kampanye Politik di Media Online

Blog Sebagai Media Online Kampanye Politik

Apakah blog atau website dapat digunakan sarana kampanye politik? Saya malah teringat beberapa tahun yang lalu, ada kontes seo yang membahas tentang salah satu calon gubernur  Kalimantan Selatan. Dan mungkin ada lomba blog juga yang membahas tokoh atau organisasi tertentu. Artinya kampanye politik di media online lewat blog atau website, bisa saja terjadi.

Kampanye Politik di Media Online

Seperti yang saya kutip dari Roger dan Storey dalam Gun gun (2018:89), pengertian kampanye adalah rangkaian tindakan komunikasi yang terencana dengan tujuan menciptakan efek yang telah direncanakan pada khalayak yang dilakukan secara simultan dalam rentang waktu tertentu.

Dengan demikian kampanye merupakan aktivitas komunikasi dalam rangka untuk meyakinkan/mempengaruhi/ mempersuasif massa dengan sengaja dengan strategi yang berkelanjutan pada periode tertentu.

Kampanye dalam aktivitas politik merupakan kegiatan yang lazim dan wajib dilakukan oleh setiap orang yang ingin mendapatkan dan mempertahankan kekuasaan. Salah satunya bisa melalui media online seperti situs berita maupun blog personal. Sebagai contoh dalam perhelatan pemilihan kepala daerah, pemberitaan media online seringkali dipandang sebagai political message.

Namun, melakukan kampanye politik di media online lewat blog atau website agar efektif dan berhasil tentu saja tidak dilakukan sembarangan. Hal ini terkait dengan efektivitas kegiatan komunikasi politik yang dilakukan.

Blog atau website sebagai fungsi sumber informasi lebih menitik beratkan kepada unsur-unsur berita yang berefek untuk kepentingan kampanye politik. Ada beberapa unsur-unsur yang harus dipenuhi dalam pemberitaan politik, yaitu: publisitas, aktualitas dan popularitas.

Selain itu, keberadaan blog atau website harus diketahui oleh masyarakat pengguna internet. Setidaknya blog atau website tersebut dapat di cari di situs mesin penelusuran dengan mudah (ada di halaman depan hasil penelusuran).

Saat ini, webmaster atau pengelola blog atau website, entah itu besar atau kecil, akan berusaha keras blog atau website berada di halaman depan hasil mesin pencarian. Dan salah satu usaha adalah membuat artikel kampanye politik yang menarik dan memberikan backlink.

Backlink merupakan salah satu algoritma mesin pencari penting untuk menentukan posisi hasil pencarian. Oleh karena itu banyak penyedia jasa backlink di internet untuk melayani urusan algoritma mesin penelusuran ini.

https://rajabacklink.com/

Di era politik modern, saat ini media online bisa menjadi bagian dari politik praktis, sehingga keberadaannya sangat vital dalam percaturan politik. Bisa dikatakan saat ini media online blog atau website juga menjadi sarana yang bukan sekedar hanya penyampai pesan politik belaka.

Artikel maupun berita-berita yang diedarkan ke masyarakat untuk kampanye politik tentunya sudah dikonstruksikan sedemikian rupa sesuai dengan kepentingan media online tersebut. Misalnya saja penentuan peristiwa mana yang akan diberitakan, siapa tokohnya, dan persoalan (frame) apa yang berkenaan dengan peristiwa yang harus ditonjolkan (salience) serta seberapa sering peristiwa tersebut diberitakan.

Disini lah agenda setting yang dilakukan oleh media online blog atau website bekerja, karena apa yang dipandang penting oleh media ini begitu juga dengan yang dipandang oleh publik. Karena ada teori bahwa penonjolan isu yang dilakukan oleh media akan memengaruhi pandangan publik.

 

Blog Sebagai Media Online Kampanye Politik

Blog Kang Andre

About the Author: Kang Andre

Cuma seorang amatir yang mencoba membuat blog untuk menulis online. Mana suka, suka-suka, suka mana. :)

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.