Menjadi seorang konten kreator terkadang menjadi bahan pembicaraan masyarakat yang menimbulkan pro dan kontranya masing-masing. Ada yang mengatakan jika profesi ini merupakan profesi yang menguntungkan di era digitalisasi saat ini. Namun tak sedikit juga dari mereka yang mengatakan profesi ini menghasilkan sedikit pendapatan dan cenderung tidak mencukupi. Namun pada faktanya banyak konten kreator yang dapat meraih kesuksesan dengan pendapatan yang besar, loh. Gak percaya? simak berikut ini.
Platform Konten Kreator
Beberapa alasan dibalik kesuksesan konten kreator khususnya di Indonesia ga cuman dari kreatif dan uniknya konten yang mereka buat, mereka juga pastinya mengikuti program creator funds pada platform yang mereka geluti. Biasanya, platform-platform layanan hiburan seperti ini yang ada di Indonesia seperti YouTube, TikTok dan lain sebagainya memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Berikut kami akan rangkumkan buat kalian yang tertarik menjadi konten kreator yang baru akan terjun di dunia konten kreator.
1. Youtube Shorts Fund
YouTube akan terus menawarkan program dana kreator kepada kreator melalui Youtube Shorts Fund untuk bersaing dengan platform penyedia layanan hiburan serupa yang lainnya. YouTube Shorts sendiri merupakan fitur baru di YouTube yang memudahkan pembuat konten untuk mengembangkan video pendek menggunakan ponsel cerdas dan kamera shorts aplikasi YouTube.
Dalam unggahan di laman dukungan Google, YouTube menjelaskan bahwa bonus tersebut berasal dari Shorts Fund yang dikucurkan sebesar US$ 100 juta atau setara Rp 1,4 triliun. Dana ini akan didistribusikan ke YouTuber yang memenuhi kriteria dan syarat tertentu pada tahun 2021 dan 2022.
Persyaratan utama untuk bergabung dengan YouTube Shorts Fund adalah kreator harus membuat video pendek sendiri (orisinil). Kemudian Video yang diunggah belum pernah diunggah oleh orang lain. Selain itu, kreator harus berusia minimal 13 tahun dan kreator yang berusia antara 13 dan 18 tahun memerlukan persetujuan orang tua atau walinya untuk membuat akun AdSense.
YouTube mengamati kreator yang memiliki kinerja tertinggi dan sesuai syarat dan ketentuannya. Kemudian perhitungan hadiahnya berdasarkan jumlah penayangan, beberapa faktor lainnya. Syarat untuk ikut disini cenderung ribet terutama untuk konten kreator yang baru saja terjun.
2. TikTok Creator Fund
TikTok yang seperti kita tahu, sebenarnya telah berevolusi dari aplikasi ramah untuk anak-anak menjadi aplikasi yang digunakan kalayak umum di seluruh dunia saat ini. TikTok Creator Fund adalah program hibah TikTok yang diluncurkan pada Agustus 2020 sebagai bentuk dukungan finansial untuk TikTokers.
Namun tetap saja, terdapat beberapa persyaratan untuk bergabung dengan TikTok Creator Fund memenuhi beberapa persyaratan, seperti memiliki 10.000 views dalam 30 hari, dan traffic video TikTok harus bersumber orisinil dari FYP (For Your Page), jadi tentunya untuk pemula masih agak menyulitkan.
3. IDN Creator Fund
Program dari IDN Media ini dikabarkan telah mendanai Rp50 miliar untuk para konten kreatornya. IDN Live adalah platform live streaming yang melengkapi penawaran konten populer lainnya yang sudah ada sebelumnya. Dana sebesar Rp50 miliar yang disiapkan terbuka untuk semua dan akan disalurkan kepada streamer terpilih yang memenuhi kriteria tertentu.
Manfaat lainnya termasuk liputan media, strategi promosi, akses ke studio profesional IDN Media, dan program pelatihan dan pendampingan oleh tim IDN Media. Tidak diragukan lagi, platform live streaming IDN Live ini memang terbilang baru, yang mana tentunya pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, seperti peminatnya yang masih rendah dan program tersebut belum memiliki komunitas yang besar sehingga membuat para calon kreator hendak berfikir dua kali untuk bergabung walaupun program creator fund yang diluncurkan terbilang cukup menarik.
4. GoPlay Creator Fund
Ini dia yang sempat viral kemarin, baru-baru ini GoPlay mulai aktif mengembangkan konten interaktif langsung secara real-time sejak tahun 2021. GoPlay secara resmi meluncurkan Program GoPlay Creator Fund dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran kreator lokal, menghasilkan pendapatan berkelanjutan, dan mendorong pertumbuhan ekonomi kreator Indonesia.
GoPlay memberi kreator akses ke pendapatan berkelanjutan dan mendorong pertumbuhan ekonomi kreator Indonesia. Dengan cara ini, kreator memiliki kesempatan untuk menerima bonus bulanan dalam proses penarikan instan dan mulus. Ini berpotensi meningkatkan hadiah virtual, pelatihan, dan fasilitas khusus untuk memperluas jangkauan program Live Show.
Selain menerima bonus bulanan dan potensi peningkatan hadiah virtual, para kreator juga memiliki kesempatan untuk menerima berbagai manfaat dengan memperluas cakupan program pertunjukan langsung mereka. Beberapa manfaat tersebut adalah:
- Kesempatan untuk tampil di acara langsung GoPlay reguler seperti GoCoustic, hiburan akustik mingguan GoPlay, atau GoPlay Playground, acara spesial bulanan yang menampilkan berbagai kreator GoPlay
- Peluang untuk menerima sponsorship dari endorsement yang dimungkinkan oleh GoPlay.
- Dukungan khusus dari tim GoPlay.
Ini dia kelebihan dari GoPlay, GoPlay tidak menilai kreator berdasarkan jumlah pengikut saja. Para kreator baru atau pemula juga dapat merasakan keuntungan tersebut yang tentunya hal ini berdasarkan dengan penilaian dan kriteria yang sesuai. Jadi overall GoPlay ini merupakan platform yang paling worth it buat kalian kreator baru Indonesia.
Barusan tadi merupakan beberapa program dana kreator layanan live streaming terbaik yang bisa kalian coba. Menurut kamu mana yang lebih cocok buat kamu? Semangat dan lakukan yang terbaik ya!.
Platform Konten Kreator Goplay