Blog Campursari Pakdhe Cholik Tutup

  • Whatsapp

Salah satu blog milik blogger sepuh Pakdhe Abdul Cholik yaitu Blog Campursasi (Blogcamp) ternyata sudah tutup alias tidak online lagi. Domain Blogcamp yaitu AbdulCholik.com pun telah ditawarkan di hugedomains.com. Padahal saya sering berkunjung kesana untuk membaca tulisan Pakdhe yang benar-benar original dan unik.

Blog Campursasi (Blogcamp)

Bacaan Lainnya

Blog Campursasi (Blogcamp) Abdul Cholik

Saya pernah membahas “wajah-wajah blogger Indonesia” yang paling muda serta paling sepuh pada 30 November 2011. Selengkapnya di sini https://lenterakecil.com/wajah-blogger-indonesia. Dan salah satu blogger yang sepuh adalah Abdul Cholik Cholik yang sering dipanggil dengan Pakdhe. Sedangkan Blogger sepuh Bapak Suparto Brata sudah dipanggil Sang Khalik, Jumat (11/9/2015) pukul 21.30 WIB di Surabaya.

Meskipun sudah sepuh, namun beliau tetap rajin menulis di blog dan tidak canggung bergaul dengan para blogger muda, dan bahkan tidak merasa paling senior, paling berpengalaman, dan paling-paling lainnya. Beliau adalah lulusan Taruna Akademi Militer tahun 1974.

Berbagai  jabatan telah dialami, baik sebagai komandan,  perwira staf maupun sebagai guru militer. Setelah dinas di lingkungan Corps Polisi Militer, beliau mendapat mutasi ke Departemen Pertahanan dan mendapat promosi kenaikan pangkat sebagai Perwira Tinggi bintang satu.

Alasan beliau menjadi Blogger “Dengan ngeBlog saya bisa menyalurkan hobby menulis. Dengan ngeBlog teman saya semakin banyak. Dengan ngeBlog  itu pula hidup  saya semakin berwarna-warni.”

Saya pernah bertemu langsung bahkan duduk berdampingan dengan beliau, berbincang-bincang, diskusi, guyonan saat Temu Blogger Nusantara 2013 di Jogja. Sayangnya saya belum sempat main ke rumah Beliau di Jombang, Jawa Timur. Seringnya via blogcam. Nomor telepon Beliau pun hilang.

Entah kapan blog Blog Campursasi (Blogcamp) down. Dan bagaimana keadaan Beliau saat ini. Berdasarkan penelusuran saya, artikel terakhir di blog pada 1 April 2019 yang berjudul “Ngeri-ngeri Sedap Doa Dua Malaikat”. Namun di akun twitter Beliau terakhir nge-twit 1 Februari 2020, di facebook 26 November 2020.

Sungguh saya sayangkan blogcamp down dan tidak diteruskan lagi. Padahal isi blog sangat bagus dengan tulisan-tulisan pengalaman Beliau yang bisa menginspirasi semua orang.

Pengunjung blog pun lumayan banyak meskipun Beliau tidak memikirkan SEO sehingga artikel jarang muncul di SERP Google. Namun kedekatan Beliau dengan para blogger serta follower di media sosial menjadikan blogcamp jadi ramai.

Profil Pakdhe Abdul Cholik

Berikut profil Pakdhe Abdul Cholik yang ada di blogcamp

Pakdhe Abdul Cholik

Abdul Cholik dilahirkan pada 23 Agustus 1950 di sebuah desa di kawasan Jombang, Jawa Timur. Lulus dari Sekolah Teknik Menengah di Surabaya, anak pasangan Suwadi dan Surati ini lalu masuk Akabri pada tahun 1971. Dilantik oleh Presiden Soeharto menjadi perwira dengan pangkat Letnan Dua pada 12 Desember 1974.

Berbagai jabatan telah disandangnya. Jabatan terakhirnya adalah Direktur Kerjasama Internasional di Departemen Pertahanan R.I. Selama dinas militer lebih dari 20 negara di 5 benua telah dikunjunginya, termasuk mengikuti pendidikan di USA, India, dan Belanda.

Pensiun dengan pangkat terakhir Brigadir Jenderal TNI pada tahun 2006.

Setelah menjadi purnawirawan, perwira yang pernah menjadi anggota Kontingen Garuda X pada misi perdamaian UNTAG di Nambia ini meneruskan hobi menulis melalui beberapa blog yang dikelolanya. Salah satu blognya yang dijadikan penjuru adalah Neo BlogCamp. Blog ini merupakan personal blog berisi artikel dengan aneka topik termasuk tips blogging, tips menulis, wisata, kuliner, motivasi dan pengembangan diri, dan lain sebagainya.

Dalam perkembangan berikutnya, hobi menulis di blog ditingkatkan dengan menulis buku.

Beberapa buku yang telah diterbitkan adalah: Rahasia Menjadi Manusia Kaya Arti , Blog Mini Penghasilan MaksimalPuisi Enam Tiga, 63 CerminDari 63 Menjadi 1Indonesia Dari Balik JendelakuEs Blogger, Rujak Blogger, Blogger Flamboyan, Manusia Dua Jempol, Dahsyatnya Ibadah Haji, Menulis Gaya Pakde, Neo Blogger, Jangan Panggil Aku GAN, Enakan Jadi Juragan, Permak Blog Seminggu Tanpa Pegal Linu, Dari Blog Menjadi Buku, Berburu Pahala di Luar Musala, Yuk Ibadah di Dumay, Begal Asmara, Bintang Untuk Emak,  Makeover Blog WordPress, Setelah kata Sah Berkumandang, dan Madrasah Itu Bernama Ibu, Umroh Bergairah Bersama Al-Rahmah.

Selain itu ada juga buku antologi yang diterbitkan bersama para sahabatnya yaitu: Antologi Puisi Harmoni Warung BloggerBlogger Bicara ParentingBuka-Bukaan Ala Blogger Kondang(an), Seni Merangkai Kebahagiaan, dan Hati Ibu Seluas Samudra.

“Menulis untuk berbagi ilmu dan pengalaman yang bermanfaat agar bernilai ibadah.” Kalimat yang terus dikumandangkan oleh blogger lansia dengan beberapa cucu ini.

Sebenarnya tulisan-tulisan yang ada di blogcamp sudah dibukakan oleh Beliau. Namun saya akan mencoba mencari dan sharing tulisan Beliau sebagai bahan inspirasi dan motivasi dalam kehidupan termasuk ngeblog.

 

Blog Campursari Pakdhe Cholik Tutup

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *