Cara Mengatur Keuangan Selama Bulan Ramadhan Ala Dedi Yudianto

  • Whatsapp

Seperti kita ketahui bersama bahwasanya di bulan Ramadan pengeluaran kita sering lebih besar dari bulan-bulan biasa. Ini tentu tidak boleh kita biarkan begitu saja. Karena jika diterus-teruskan tentu akan mengganggu keuangan Anda pada bulan-bulan selanjutnya.

mengatur keuangan

Bacaan Lainnya

Saya tertarik dengan Ir Dedi Yudianto MBA yang menjelaskan bahwa sebenarnya ada banyak yang bisa dilakukan untuk mengatur keuangan pada saat bulan Ramadhan ini. Apa saja cara itu, bagaimana pengaplikasiaannya di dalam kehidupan sehari-hari, simak di bawah ini.

Inilah Cara Mengatur Keuangan Selama Bulan Ramadhan Ala Dedi Yudianto

1. Pentingnya Perencanaan Keuangan

Mau tidak mau, ini mutlak Anda perlukan. Apalagi pada saat bulan Ramadan. Ada baiknya jika Anda merencanakan keuangan Anda sebelum Ramadan datang. Anda bisa mulai mengalokasikan sedikit penghasilan Anda untuk dipersiapkan dalam menyambut Ramadan. Anda bisa menetapkan anggaran yang diperlukan untuk Ramadan, secukupnya saja jangan terlalu besar an jangan terlalu kecil.

Alokasikan juga dana untuk bersedekah, karena di bulan Ramadan kita juga diminta untuk banyak beramal. Jadi jika sudah Anda persiapkan sejak jauh hari, Anda bisa beribadah di bulan Ramadan dengan tenang tanpa memikirkan masalah dana keuangan lagi.

2. Persiapkan Keuangan Untuk Hari Raya

Meskipun tidak bisa mudik pada hari raya tahun 2020 ini, namun hari Raya juga perlu dipikirkan bagaimana cara mengatur keuangannya. Karena Hari Raya juga memerlukan banyak uang untuk mencukupi kebutuhannya. Harga bahan pokok biasanya juga cenderung naik sejak bulan puasa.

Yang perlu diperhatikan adalah keuangan untuk THR, memberi angpao sanak keluarga atau sekedar untuk membuat kue lebaran. Pengeluaran untuk Hari Raya bisa Anda ambilkan atau Anda sisihkan dari uang bonus dari tempat kerja Anda. Atau THR dari perusahaan Anda itu sendiri bisa Anda manfaatkan.

3. Catat Pengeluaran Harian Anda

Nah, kalau menurut Dedi Yudianto, mencatat pengeluaran harian sangat penting. Tulis semua apa yang Anda beli pada hari itu. Dari sini nantinya Anda akan mengerti ke mana saja pengeluaran terbesar Anda. Kemudian Anda bisa memperkirakan kira-kira Pengeluaran yang mana yang bisa dipangkas untuk persiapan di bulan Ramadan.

Meski seperti tidak ada manfaatnya, namun ternyata mencatat pengeluaran harian ini sedikit banyak akan bisa mengatur alur pengeluaran Anda. Setidaknya Anda akan bisa sedikit lebih teratur di dalam mengalokasikan pengeluaran harian Anda.

4. Kurangi Berbuka Puasa di Luar

Kebiasaan ini kadang tidak sadar kita lakukan begitu sering. Berbuka di luar bersama teman atau saudara boleh saja. Namun tentu semuanya harus diatur dan jangan terlalu sering berbuka di luar. Ketika kita berbuka di luar, maka kita akan sulit mengontrol keuangan kita, apalagi ketika sudah bersama teman-teman.

Maka dari itu, yang paling baik adalah membatasi diri untuk tidak terlalu sering berbuka di luar. Sekali atau dua kali, atau tiga kali masih wajar dan normal. Namun lebih dari itu dirasa sudah tidak sehat lagi baik untuk keuangan Anda maupun untuk yang lainnya.

Itulah tips cara mengatur keuangan selama bulan Ramadhan menurut Dedi Yudianto. Meskipun terlihat sederhana dan mudah, namun terkadang menyepelekan hal-hal tersebut.

Saya juga ada info menarik lainnya yang berkaitan dengan ramadhan, yaitu Tips Menjaga Stamina Saat Puasa Dari Dedi Yudianto

 

Cara Mengatur Keuangan Selama Bulan Ramadhan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *