Cara Mengetahui Oli Motor Asli atau Palsu

Cara Mengetahui Oli Motor Asli atau Palsu

Cara Mengetahui Oli Motor Asli atau Palsu. Mengganti oli mesin motor secara rutin menjadi salah satu bentuk perawatan penting yang harus dilakukan pemilik motor. Hal ini dikarenakan fungsi utama oli adalah untuk melumasi agar mesin dapat berjalan dengan mulus dan bebas gangguan. Untuk itu, Anda harus memperhatikan jenis oli motor Anda yang akan gunakan sesuai rekomendasi oli motor matic terbaik di Indonesia. Tidak hanya harus sesuai, tapi juga harus memperhatikan oli motor yang akan digunakan, asli atau palsu?

Ciri-ciri Oli Motor Asli dan Palsu

Untuk mengetahui apakah oli itu asli atau tidak, ada cara praktis yang dapat dilakukan untuk membedakan oli palsu dengan yang asli. Meskipun sekilas terlihat mirip, oli palsu tetap memiliki perbedaan dari oli motor asli.

Berikut ini ciri-ciri oli motor asli dan palsu yang dikutip dari https://www.lenterabijak.com, antara lain:

Perbedaan label

Anda dapat mencari tahu keaslian sebuah oli dari labelnya. Para produsen oli palsu umumnya akan menekan biaya produksi dengan menggunakan label berkualitas rendah. Maka, label dari oli palsu biasanya terlihat lebih buruk jika dibandingkan dengan label oli asli.

Untuk memastikan hal ini, silakan perhatikan bentuk packaging dari produk oli motor Anda yang asli. Kemasan oli motor palsu akan terlihat menggunakan bahan label stiker yang standar, sedangkan oli motor asli biasanya menggunakan label stiker dengan bahan yang lebih kuat seperti bahan vinyl.

Perbedaan pada kemasan oli

Saat akan membeli oli motor, perhatikan juga bagian kemasannya. Biasanya, oli palsu menggunakan botol bekas untuk kemasan. Botol kemasan oli palsu ini tentunya berbeda jika dibandingkan dengan botol kemasan oli yang asli. Botol kemasan oli yang asli akan terlihat lebih mulus dibandingkan dengan oli palsu.

Warna dan bau oli

Anda dapat mengetahui perbedaan antara oli palsu dengan oli motor asli lewat warna serta baunya. Jika dilihat dari segi warna, setiap oli memang memiliki warna yang berbeda-beda karena adanya perbedaan formula.

Namun, perlu diketahui bahwa warna oli yang masih baru akan terlihat bening dan tidak memiliki bau sesuai rekomendasi Oli Motor Matic terbaik di Indonesia. Sebaliknya, oli palsu akan terlihat lebih keruh dan berbau akibat dioplos dengan berbagai macam zat.

Nomor identifikasi pada tutup botol dan kemasan oli motor

Botol oli palsu dan asli juga dapat dibedakan melalui nomor identifikasi yang tertera pada bagian tutup dan kemasan. Cara mengeceknya adalah dengan mencocokkan kedua nomor identifikasi yang tertera.

Jika nomor yang Anda temukan berbeda, maka bisa jadi oli tersebut adalah oli palsu. Kedua nomor identifikasi yang terletak di tutup botol dan kemasan oli ini juga biasanya dicetak dalam posisi yang sejajar. Misalkan jika beli Oli Motor X-TEN 10W30 MATIC asli sebaiknya di outlet resmi Planet Ban.

Perbedaan pada tutup oli

Anda juga dapat mencari tahu keaslian sebuah oli motor lewat tutupnya. Umumnya, oli motor asli menggunakan seal untuk menutup kemasan. Setelah tutup botol dibuka, maka seal tidak akan dapat digunakan lagi. Hal yang seperti ini tidak akan ditemukan pada oli palsu, sehingga lebih mudah bagi para pengguna kendaraan bermotor untuk membedakan oli palsu dengan yang asli.

Walaupun terdengar sederhana, namun memilih oli motor tidak bisa sembarangan. Kenali ciri-ciri oli palsu sebelum Anda membeli oli motor. Jangan sampai salah agar mesin motor Anda terhindar dari kerusakan.

Selain itu jika membeli oli, lihat Kekentalan Oli Motor Berdasarkan Kode SAE yang mengatur standar kemampuan oli dalam menjaga stabilitas kekentalan terhadap pengaruh suhu mesin di suatu lingkungan. Standar kode oli yang dibuat oleh SAE dapat ditemukan pada setiap kemasan oli untuk kendaraan.

 

Cara Mengetahui Oli Motor Asli atau Palsu

Blog Kang Andre

About the Author: Kang Andre

Cuma seorang amatir yang mencoba membuat blog untuk menulis online. Mana suka, suka-suka, suka mana. :)

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.