Khasiat Buah Naga Untuk Kesehatan Tubuh

  • Whatsapp

Jenis buah yang berbentuk unik ini memang sudah sering dikonsumsi oleh banyak kalangan. Selain rasanya yang segar, buah naga juga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. Buah yang memiliki nama latin Hylocereus ini mengandung kalori yang rendah dan nutrisi serta vitamin yang tinggi. Selain kaya akan vitamin B dan C, buah ini juga mengandung protein, kalsium, fosfor, fiber serta antioksidan yang beperan dalam menjaga kondisi tubuh.

Khasiat Buah Naga

Bacaan Lainnya

Khasiat Buah Naga

Nah, jika ingin mengetahui manfaat apa saja dari buah ini maka, berikut kami rangkum sejumlah manfaat dan khasiat buah naga untuk kesehatan tubuh.

1. Membantu menurunkan berat badan

Kandungan serat yang tinggi akan membantu Anda tetap merasa kenyang dengan mengkonsumsi buah ini. Anda tidak usah khawatir akan memiliki berat badan yang akan bertambah jika terus memakannya karena buah ini memiliki kandungan rendah kalori sehingga aman untuk dikonsumsi dalam jumlah yang banyak.

2. Cemilan sehat untuk Anda yang sedang melakukan diet

Seperti poin pertama, buah naga memiliki kandungan kalori rendah sehingga sangat cocok dijadikan cemilan untuk Anda yang sedang berdiet. Berat badan Anda juga akan kembali ideal karena dengan mengkonsumsi buah ini maka perut pun tidak akan terus terasa kenyang tanpa perlu takut lagi dengan tubuh yang melar.

3. Membantu proses detoksififikasi pada tubuh

Kandungan antioksidan pada buah ini juga sangat berperan penting dalam melawan radikal bebas di dalam tubuh Anda. Karena kaya akan kandungan antioksidan maka proses detoksifikasi atau pengeluaran racun di dalam tubuh juga akan berjalan dengan lancar.

4. Berperan dalam mencegah kanker

Buah merah memang terkenal mengandung lycopene yang membantu dalam mencegah terjadinya kanker. Begitu halnya dengan buah naga, buah ini mengandung lycopene yang tinggi sehingga berkhasiat melawan resiko terjadinya kanker prostat. Selain kandungan lycopene, buah naga juga kaya akan kandungan antioksidan sehingga sangat penting dalam melawan radikal bebas. Kandungan  kalsium, fosfor serta berbagai jenis vitamin lainnya juga membantu tubuh dalam mengeluarkan racun yang bisa menyebabkan kanker.

5. Mampu mencegah terjadinya diabetes

Kandungan antioksidan pada buah naga tidak hanya berperan melawan radikal bebas serta kanker. Sifat antioksidan di dalamnya juga dapat mencegah terjadinya diabetes dengan cara membunuh sel jahat yang dihasilkan oleh pola hidup dan pola makan yang tidak sehat. Bagi penderita diabetes, buah ini sangat cocok dikonsumsi karena memiliki kandungan kadar gula yang sangat rendah.

6. Mampu mencegah terjadinya tekanan darah tinggi dan serangan jantung

Manfaat lain dari kandungan lycopene di dalam buah naga ialah berfungsi sebagai pencegah naiknya tekanan darah dan juga penyakit jantung. Biji yang terdapat di dalam buah naga memiliki kandungan lemak omega 3 dan omega 6 yang bisa membantu meringankan gangguan kardiovaskular.

7. Mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan nutrisi dan gizi pada buah naga sangat berperan penting dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Tak hanya itu, dengan rutin mengkonsumsi buah ini maka proses penyembuhan luka pada tubuh Anda juga akan berlangsung dengan cepat.

8. Meningkatkan nafsu makan

Adanya kandungan vitamin B1 dan vitamin B2 di dalam buah naga akan membantu meningkatkan nafsu makan Anda. Oleh karena itu, buah ini cocok untuk diberikan kepada anak-anak yang sering malas makan. Nah, untuk Anda yang sedang diet, Anda tidak perlu khawatir memiliki badan yang melar dengan nafsu makan yang tinggi. Anda cukup mengganti makanan sehari-hari Anda dengan buah naga maka berat badan akan tetap menjadi ideal.

9. Membantu masalah pencernaan

Buah naga juga sangat membantu dalam membersihkan pencernaan. Adanya kandungan fiber dan serat yang tinggi sangat membantu pencernaan dalam mengobati masalah konstipasi maupun sembelit.

10. Menjadikan tubuh tetap awet muda

Karena kaya akan kandungan antioksidan maka buah naga sangat berperan penting dalam menunda penuaan dini. Kandungan antioksidannya akan membantu kulit untuk tetap beregenerasi dengan baik.

Kesepuluh khasiat buah naga yang telah dijelaskan di atas hanyalah sebagian dari manfaat buah naga yang lainnya. Oleh karena itu, rutinlah untuk mengkonsumsi buah naga demi investasi kesehatan Anda di masa depan.

 

Khasiat Buah Naga Untuk Kesehatan Tubuh

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *