Mengenal Sejarah Bir Hitam dan Jenisnya yang Terpopuler di Dunia

Bir merupakan salah satu jenis minuman beralkohol yang sangat popular di dunia. Bahkan, kepopularan bir juga mengalahkan jenis minuman beralkohol lain seperti wine, vodka, whiskey, dll. Nah, salah satu jenis bir yang paling populer adalah bir hitam. Uniknya, sejarah bir hitam ternyata sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu dan masih dinikmati oleh orang-orang di abad ini. Lantas, bagaimana sejarah lengkap dari bir hitam?

Sejarah Bir Hitam dan Jenisnya yang Terpopuler

Inilah Sejarah Bir Hitam dan Jenisnya yang Terpopuler di Dunia

1. Telah Diproduksi Sejak 7.000 Tahun Lalu

Banyak ahli yang mengatakan bahwa bir merupakan salah satu minuman tertua di dunia. Hal ini dibuktikan ketika para ahli melakukan serangkaian tes kimia terhadap guci tembikar kuno.

Hasilnya menyimpulkan bahwa bir sudah diproduksi oleh manusia sejak 7.000 tahun yang lalu di Iran. Penemuan tersebut menunjukkan kegunaan paling awal dari metode fermentasi bagi manusia serta membuktikan bahwa bir ternyata telah diproduksi oleh manusia sejak ribuan tahun lamanya. 

2. Ditemukan Setelah Manusia Bertani Sereal

Perlu diketahui bahwa bir merupakan minuman yang dibuat dari biji-bijian, seperti malt, berley, dan gandum. Mengingat bahan utamanya berupa biji-bijian, maka diperkirakan bahwa bir ditemukan pada saat manusia telah sukses dalam bertani. Bukan hanya itu, bir juga diciptakan setelah manusia sukses mengembangkan teknologi fermentasi. 

3. Bir Dianggap Sangat Berharga dan Istimewa

Pada masa lampau, bir dianggap sebagai minuman yang sangat berharga oleh manusia di berbagai budaya. Misalnya adalah orang-orang Natufian yang melibatkan bir dalam upacara ritual. Bahkan, 5.000 tahun yang lalu para majikan membayar para pekerja menggunakan bir di Kota Uruk, Sumeria.

Keunikan lain pun terlihat di Mesopotamia pada 3.900 tahun yang lalu dimana ada puisi kuno yang diciptakan sebagai penghormatan terhadap Ninkasi yang disebut sebagai Dewi Pelindung Bir.

4. Dianggap Sebagai Social Drink di Era Sekarang

Sejarah panjang bir sejak ribuan tahun yang lalu membuat minuman ini masih bertahan sampai sekarang. Namun, telah terjadi banyak perubahan pada bir karena budaya minum bir kini telah bergeser. Awalnya, bir digunakan sebagai obat untuk masyarakat di Mesir Kuno.

Saat ini, bir dianggap sebagai social drink. Artinya, bir dikonsumsi sebagai sarana untuk bersosialisasi sekaligus mengakrabkan diri dengan sesama. Bahkan, saat ini ada berbagai jenis bir yang bisa dinikmati oleh masyarakat. Salah satunya adalah bir hitam.

5. Jenis Bir Hitam Terpopuler di Dunia

Bir hitam tercatat pertama kali diciptakan pada sekitar tahun 1730-an di London, Inggris. Setelah itu, bir hitam menjadi popular di Irlandia dan Britania Raya. Nah, salah satu pabrik pembuatan bir hitam terpopuler di dunia adalah House of Guinness.

Hingga saat ini, bir hitam Guinness menjadi minuman favorit bagi penikmat bir di dunia. Jenis bir hitam Guinness pun beragam, mulai dari Guinness Fes hingga yang terbaru yaitu Guinness Smooth. Memiliki cita rasa dan aroma yang khas menjadikan bir hitam Guinness sangat disukai oleh penikmat bir di banyak negara.

Itu dia sejarah bir hitam dan jenis bir hitam yang paling popular di dunia. Ternyata, bir memiliki sejarah yang sangat panjang sejak ribuan tahun yang lalu sebelum akhirnya menjadi minuman yang dikenal di masa sekarang. Bahkan, kini ada banyak cara untuk menikmati bir. Tentunya, setiap orang punya cara untuk menikmati bir itu sendiri.

 

Mengenal Sejarah Bir Hitam dan Jenisnya yang Terpopuler di Dunia

Blog Kang Andre

About the Author: Kang Andre

Cuma seorang amatir yang mencoba membuat blog untuk menulis online. Mana suka, suka-suka, suka mana. :)

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *