Tanda Wiper Mobil Sudah Harus Diganti

Waspada Ini Tanda Wiper Mobil Sudah Harus Diganti

Saat musim hujan tentu saja ada banyak bagian dari mobil yang harus anda perhatikan, misalnya saja seperti wiper. Wiper sendiri adalah bagian dari mobil yang memiliki tugas untuk menyapu air hujan di kaca depan dari mobil. Karena fungsi dari wiper mobil yang sangat krusial tentu saja anda harus memperhatikan dengan teliti wiper dari mobil.

Karena tentu saja apabila wiper dari mobil bermasalah, tentu saja visibilitas dari pengendara bisa terganggu ketika hujan turun. Jadi jangan sungkan untuk mengganti wiper jika memang wiper mobil sudah bermasalah. Lalu bagaimana ciri-ciri atau tanda dari wiper mobil yang sudah harus ganti?

Apabila masalah dari wiper mobil menjadikan kinerjanya menjadi tidak maksimal untuk menyapu air yang ada pada kaca depan bagian mobil, tentu saja anda harus waspada karena itu menjadi bagian penting dari tanda dan juga ciri-ciri wiper mobil harus segera diganti.

Waspada Ini Tanda Wiper Mobil Sudah Harus Diganti

Keselamatan dari berkendara tentu saja adalah hal yang harus diperhatikan dengan baik. Selain kondisi tubuh pengendara yang harus bugar, tentu saja juga harus didukung dengan kondisi dari kendaraan yang prima serta lalu lintas yang kondusif.

Visibilitas juga memiliki peran yang sangat penting demi keselamatan dari pengendara.

Namun sayangnya terkadang masalah visibilitas pengendara ini bisa terganggu karena beberapa hal.

Misalnya saja karena curah air hujan yang ada di kaca depan mobil menjadikan pandangan pengendara terganggu. Akan semakin parah jika hujan turun disertai kabut.

Fungsi dari wiper pada mobil tentu saja memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga visibiltias dari pengendara. Nah berikut dibawah ini adalah beberapa tanda dan juga ciri-ciri wiper mobil harus segera diganti.

1. Wiper Sudah Tidak Maksimal Untuk Menyapu Air Hujan Di Kaca Depan

Tentu saja kita sudah tahu jika fungsi dari wiper adalah untuk menyapu air hujan yang turun di depan kaca mobil agar pandangan atau visibilitas dari pengendara akan tetap jernih walaupun sedang terjadi hujan.

Jika wiper sudah tidak sempurna untuk menyapu air hujan, misalnya saja seperti wiper yang menyisakan bercak di air kaca maka itu adalah tanda dari wiper yang harus diganti.

Nah jangan ragu untuk melakukan penggantian wiper mobil. Dimana harga dari wiper mobil juga tidak terlalu mahal, mulai dari harga Rp100.000 hingga Rp150.000 tergantung dari merk serta kualitas dari wiper itu sendiri.

2. Muncul Garis Air Di Kaca Depan Mobil

Ciri-ciri wiper mobil harus diganti berikutnya adalah anda bisa memperhatikan bagian kaca depan dari mobil, apakah muncul garis-garis bercak bekas dari air di kaca depan mobil?

Nah untuk mengetahuinya anda dapat mencoba menyalakan washer di mobil kemudian gunakan wiper.

Apabila wiper sudah harus diganti, maka nantinya akan muncul bercak atau garis yang tersisa di kaca depan mobil anda.

Tentu saja hal ini bisa mengganggu visibiltias anda ketika mengemudi. Sebab, kaca mobil bisa menjadi buram serat menjadikan mata anda silau karena cahaya yang menjadi bias.

3. Wiper Sudah Berubah Bentuk Dan Mengeluarkan Suara Berisik

Tanda-tanda dari wiper mobil sudah harus diganti berikutnya adalah bentuk dari wiper yang sudah berubah dan mengeluarkan suara yang berisik.

Maksudnya disini adalah karet yang digunakan sudah pecah-pecah serta cenderung keras. Akibatnya tentu saja wiper tidak akan bisa menyerap air hujan dengan sempurna dan menimbulkan bekas goresan pada kaca mobil bagian depan.

Karena wiper yang sudah berubah bentuk menjadi keras inilah yang mengakibatkan keluarnya bunyi decitan saat wiper digunakan atau sedang aktif. Suara ini lah yang menjadi pertanda utama jika wiper anda sudah rusak dan harus diganti.

4. Perhatikan Lengan Wiper

Terakhir, tanda anda harus mengganti wiper dari mobil adalah dengan memperhatikan kondisi dari lengan wiper.

Karena apabila lengan wiper tidak lurus sempurna atau sedikit bengkok, tentu saja karet wiper tidak akan terlihat sepenuhnya. Hal inilah yang juga menjadikan air di kaca tidak bisa tersapu dengan sempurna.

Jika wiper dari mobil anda sudah mulai bengkok atau tidak lurus sempurna, maka bisa dipastikan jika anda harus mengganti wiper mobil dengan yang baru di bengkel dealer cabang Suzuki dibawah ini.

  1. Suzuki Duta Cendana Adimandiri, website : https://suzukidutacendana.co.id
  2. Suzuki Dwiperkasa Mobiltama, website : https://suzukidwiperkasa.co.id
  3. Suzuki Armada Perkasa Mobilindo, website : https://suzukiarmada.co.id

 

Waspada Ini Tanda Wiper Mobil Sudah Harus Diganti

Blog Kang Andre

About the Author: Kang Andre

Cuma seorang amatir yang mencoba membuat blog untuk menulis online. Mana suka, suka-suka, suka mana. :)

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.