Wisata Kepulauan Karimunjawa

  • Whatsapp

Mungkin beberapa orang asing dengan nama kepulauan Karimunjawa, termasuk orang Jawa sendiri. Padahal potensi wisata kepulauan Karimunjawa sudah mulai menggeliat dengan banyaknya paket wisata yang disediakan oleh travel atau biro perjalanan wisata.

wisata karimunjawa
sumber gambar : www.yukpegi.com

Dikutip dari wikipedia Indonesia:

Muat Lebih

Karimunjawa adalah kepulauan di Laut Jawa yang termasuk dalam Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Dengan luas daratan ±1.500 hektare dan perairan ±110.000 hektare, Karimunjawa kini dikembangkan menjadi pesona wisata Taman Laut yang mulai banyak digemari wisatawan lokal maupun mancanegara.
Berdasarkan legenda yang beredar di kepulauan, Pulau Karimunjawa ditemukan oleh Sunan Muria. Legenda itu berkisah tentang Sunan Muria yang prihatin atas kenakalan putranya, Amir Hasan. Dengan maksud mendidik, Sunan Muria kemudian memerintahkan putranya untuk pergi ke sebuah pulau yang nampak “kremun-kremun” (kabur) dari puncak Gunung Muria agar si anak dapat memperdalam dan mengembangkan ilmu agamanya. Karena tampak “kremun-kremun” maka dinamakanlah pulau tersebut Pulau Karimun.

Wisata Kepulauan Karimunjawa

Perkembangan wisata kepulauan Karimunjawa mulai terasa saat pembukaan jalur transportasi Kapal Motor Cepat (KMC) Kartini yang menghubungkan Kota Semarang-Karimunjawa sekitar 2008-2009. Sebelumnya hanya beberapa kapal perintis yang menyediakan jalur penyeberangan.

Saat ini, transportasi penyeberangan bertambah sudah hampir setiap hari dengan hadirnya KMC Bahari Ekspres dan KMC Santika Ekspres yang berangkat dari Jepara dengan kapasitas angkut antara 150-200 penumpang.

Kendala utama tiadanya transportasi adalah dipengaruhi dengan kondisi alam dan cuaca, sebab jika ombak besar memang tidak memungkinkan bagi kapal untuk menyeberang ke Karimunjawa, maupun sebaliknya.

Kepulauan Karimunjawa telah banyak cerita dan visual yang menggambarkan keasrian, keindahan dan keperawanan pulau-pulau yang ada di sana. Apalagi hampir setiap biro penyedia wisata memasukkan paket wisata dan tour ke Karimunjawa.

Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Jawa Tengah menilai wisata Kepulauan Karimunjawa sudah mulai tergarap baik bahkan nomer dua terbesar kunjungan setelah Candi Borobudur.

 

Wisata Kepulauan Karimunjawa – Kang Andre

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar