Home » » Google Minta Dukungan Untuk Internet Bebas dan Terbuka

Google Minta Dukungan Untuk Internet Bebas dan Terbuka

Dibagikan kepada publik - 3 Des 2012 | 08.35

Awal Desember 2012 Google minta dukungan untuk internet bebas dan terbuka, yang di letakkan di halaman awal mesin pencari Google. “Mau Internet tetap bebas dan terbuka? Serukan pada dunia untuk terus menjaganya”

Kenapa permintaan ini muncul? Alasan utama adalah Pemerintah sejumlah negara ingin menggunakan pertemuan tertutup pada bulan Desember untuk memperketat sensor dan mengatur Internet.

Dukungan Untuk Internet Bebas dan Terbuka


Jika ini terlaksana Google berpendapat, apa resikonya?:

Dunia yang bebas dan terbuka bergantung pada Internet yang bebas dan terbuka.

Internet memberdayakan semua orang — siapa pun boleh berbicara, berkarya, belajar, dan berbagi. Internet tidak dikendalikan oleh siapa pun — bukan oleh organisasi, individu, atau pun pemerintah. Internet menghubungkan dunia. Saat ini, lebih dari dua miliar orang sedang online — hampir sepertiga jumlah manusia di planet ini.

Namun, tidak semua pemerintah mendukung Internet yang bebas dan terbuka.

Ada penolakan yang semakin kuat atas kebebasan Internet. Empat puluh dua negara memfilter dan menyensor konten. Hanya dalam dua tahun terakhir, berbagai pemerintah telah memberlakukan 19 undang-undang baru yang mengancam ekspresi kebebasan online.

Berbagai pemerintah tersebut berusaha menggunakan pertemuan tertutup pada bulan Desember untuk mengatur Internet.

Uni Telekomunikasi Internasional (ITU) mengumpulkan para pembuat peraturan dari seluruh dunia untuk menegosiasikan ulang perjanjian komunikasi yang berusia puluhan tahun.

Perubahan yang diusulkan terhadap perjanjian tersebut dapat memperketat sensor dan mengancam inovasi.

Beberapa usulan dapat mengizinkan pemerintah untuk menyensor pendapat yang sah — atau bahkan mengizinkan pemblokiran akses Internet.

Usulan lainnya dapat mengharuskan layanan seperti YouTube, Facebook, dan Skype untuk membayar biaya baru guna menjangkau orang-orang melintasi batas negara. Hal ini dapat membatasi akses informasi — khususnya di negara-negara yang sedang berkembang pesat.

ITU adalah tempat yang salah untuk mengambil keputusan tentang masa depan Internet.

Hanya pemerintah yang punya suara di ITU, termasuk pemerintah berbagai negara yang tidak mendukung Internet yang bebas dan terbuka. Para ahli, perusahaan, dan orang-orang yang membangun serta menggunakan web tidak punya suara.

ITU juga bersifat rahasia. Konferensi dan usulan perjanjian tersebut dirahasiakan.

Kebijakan Internet harus berjalan seperti Internet — terbuka dan inklusif. 

Masa depan Internet seharusnya bukan hanya ditentukan oleh pemerintah. Miliaran orang di seluruh dunia yang menggunakan Internet, dan para ahli yang membangun dan memeliharanya, juga harus dilibatkan.

Misalnya, di Forum Tata Kelola Internet, siapa saja boleh menghadiri dan siapa saja boleh berbicara — pejabat pemerintah memiliki pengaruh yang sama seperti halnya individu.

Orang-orang dari seluruh dunia sedang membela kebebasan.

Para pengguna, pakar, dan organisasi dari seluruh dunia telah menyuarakan penolakan mereka terhadap pemerintah yang mengatur Internet melalui ITU. 

(sumber: https://www.google.com/intl/id/takeaction/whats-at-stake/ )


Suarakan pendapat Anda untuk mendukung internet yang bebas dan terbuka: 

"Dunia yang bebas dan terbuka bergantung pada Internet yang bebas dan terbuka. Masa depan Internet seharusnya bukan hanya diatur oleh pemerintah yang bekerja secara tertutup. Miliaran orang di seluruh dunia yang menggunakan Internet juga harus punya suara."

Google Minta Dukungan Untuk Internet Bebas dan Terbuka


Poskan Komentar

Komentar akan dihapus jika tidak sopan atau sengaja nyepam

kang andre

Artikel Baru

Komentar

Arsip Blog

Profil


Kang AndreBlog Kang Andre akan lebih banyak berisi pengalaman, opini serta seputar kegiatan pribadi dalam ngeblog. Mana suka. Enjoy saja!
kang andre