Membangun Personal Branding

Cara Membangun Personal Branding di Internet

Persaingan dalam dunia bisnis, terutama bisnis online, semakin ketat saat ini. Oleh karena itu dibutuhkan banyak faktor penunjang jika ingin meraih kesuksesan. Salah satu yang sangat diperlukan dan memiliki pengaruh kuat adalah personal branding. Lalu apa dan bagaimana cara membangun personal branding di internet? Ikuti ulasan berikut di bawah ini.

Pengertian Personal Branding.

Banyak definisi atau pengertian personal branding yang telah dijelaskan oleh para ahli. Namun secara umum pengertian personal branding adalah suatu proses membentuk persepsi masyarakat terhadap aspek-aspek yang dimiliki oleh seseorang, seperti kepribadian, kemampuan, atau nilai-nilai.

Personal branding yang dibentuk dan didasarkan dari nilai-nilai yang tertanam dalam diri individu tersebut, dapat membantu individu lebih mudah dikenal dan dipercaya oleh orang lain, sehingga bisa dimanfaatkan sebagai strategi pemasaran dalam membangun citra diri yang kuat di tengah masyarakat terhadap produk atau jasa yang dihasilkan. Semakin kuat dan positif personal branding yang dimiliki individu atau perusahaan, maka daya jual juga akan semakin tinggi.

Dalam usaha membangun personal branding diperlukan beberapa elemen yang harus saling terintegrasi dan dibangun bersamaan. Setidaknya ada 3 elemen dasar dalam membangun pembentukan presepsi masyarakat publik terhadap aspek yang dimiliki individu, antara lain:

1. You (individu/diri sendiri)

Seseorang dapat membentuk sebuah personal branding melalui sebuah polesan dan metode komunikasi yang disusun dengan baik. Dirancang untuk menyampaikan dua hal penting kepada target market, misalkan:

  • Siapakah seseorang tersebut sebagai suatu pribadi?
  • Spesialisasi apa yang seseorang itu lakukan?

Ingat bahwa personal brand merupakan sebuah gambaran mengenai apa yang masyarakat pikirkan tentang seseorang. Hal tersebut mencerminkan nilai-nilai, kepribadian, keahlian dan kualitas yang membuat seseorang berbeda dengan yang lainnya.

2. Promise (janji).

Personal Brand adalah sebuah janji, sebuah tanggung-jawab untuk memenuhi harapan yang timbul pada masyarakat akibat dari personal brand itu sendiri.

3. Relationship (hubungan)

Sebuah personal branding yang baik akan mampu menciptakan suatu relasi yang baik dengan klien, semakin banyak atribut-atribut yang dapat diterima oleh klien dan semakin tingginya tingkat kekuasaan seseorang, menunjukkan semakin baiknya tingkat relasi yang ada pada personal branding tersebut.

Cara Membangun Personal Branding

Saat ini cara yang paling efektif, ampuh sekaligus murah untuk membangun dan meningkatkan personal branding adalah melalui internet, baik itu lewat website maupun media sosial. Faktanya dari tahun ke tahun pengguna internet mengalami peningkatan dari sisi pengguna aktifnya. Saat ini boleh dikatakan setiap orang telah mengakses internet dengan menggunakan berbagai perangkat, mulai dari desktop hingga smartphone.

Personal branding yang kuat di internet akan memudahkan Anda untuk dikenali, baik secara personal dan profesional. Orang-orang bisa dengan mudah melihat keahlian, karya, dan pencapaian Anda secara online.

Personal Branding melalui Website

Website merupakan kumpulan halaman dalam suatu domain yang memuat tentang berbagai informasi agar dapat dibaca dan dilihat oleh pengguna internet melalui sebuah browser. Informasi yang dapat dimuat dalam sebuah website umumnya berisi mengenai konten gambar, ilustrasi, video, dan teks untuk berbagai macam kepentingan. Dan website adalah salah satu media yang paling sering untuk diakses dan digunakan dalam mencari berbagai informasi dan sarana komunikasi

Oleh karena itu, website merupakan sarana yang efektif untuk membangun personal branding karena memiliki ruang yang cukup luas untuk memperkenalkan dan menjelaskan nilai-nilai, kepribadian, keahlian dan kualitas individu maupun perusahaan.

Terlebih banyak penawaran layanan hosting unlimited Indonesia dengan harga murah untuk membuat sebuah website yang powefull. Web Hosting Unlimited dari Niagahoster merupakan pilihan tepat untuk memulai membuat website sebagai sarana membangun personal branding Anda.

Niagahoster selalu berusaha menghadirkan paket web hosting terbaik yang didesain sedemikian rupa agar siapapun, baik profesional maupun pengguna awam agar dapat menggunakannya dengan sangat mudah baik itu untuk web personal maupun web bisnis.

Personal Branding melalui Media Sosial

Maraknya pengguna aplikasi media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, Youtube dan lain sebagainya, bisa digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan personal branding yang efektif dan efisien, baik itu bagi personal (individu) maupun perusahaan.

Netizen (pengguna media sosial di internet) akan menjadi tertarik dengan konten di media sosial jika kreator atau pemilik akun media sosial bisa memberikan konten yang menarik dan bermanfaat. Hal ini menjadi salah satu strategi yang diterapkan untuk membuat dan meningkatkan personal branding. Bentuknya bisa bermacam-macam, seperti review produk, main game online, atau hanya sebatas interaksi bareng para netizen lainnya.

Namun perlu diperhatikan agar dapat meningkatkan personal branding, pakailah nama yang sama pada setiap sosial media yang dimiliki. Hal ini berguna untuk memudahkan pencarian sekaligus meningkatkan brand awareness dari konten yang dibikin.

Dan jangan lupa untuk interaksi dengan para audiens. Cara ini termasuk ampuh dalam meningkatkan personal branding karena mayoritas netizen menyukai interaksi di sosial media dengan para kreator konten.

Demikian ulasan tentang cara membangun personal branding di internet, baik itu melalui website maupun media sosial.

 

Cara Membangun Personal Branding di Internet

Blog Kang Andre

About the Author: Kang Andre

Cuma seorang amatir yang mencoba membuat blog untuk menulis online. Mana suka, suka-suka, suka mana. :)

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.