Algoritma Google Dinosaurus 2013

  • Whatsapp

Beberapa waktu yang lalu Pebruari 2013, saya membaca beberapa blog membahas update algoritma terbaru 2013 yaitu Algoritma Google Dinosaurus 2013. Jika itu benar, berarti saya tertinggal berita yang menarik, apalagi saya punya blog yang membahas masalah belajar SEO.

Algoritma Google Dinosaurus 2013

Bacaan Lainnya

Anehnya, situs-situs besar yang membahas masalah SEO yang biasa saya ikuti belum ada yang membicarakan Algoritma Google Dinosaurus. Bahkan di wikipedia dan situs Google pun tidak ditemukan artikel dengan kata kunci “Google Dinosaurus”. Berbeda dengan “Google panda” atau “Google penguin”.

Lantas, benarkah ada update algoritma Google terbaru 2013 yaitu Google Dinosaurus?

Tulisan tentang Algoritma Google Dinosaurus 2013 yang saya baca cukup bervariasi, namun dengan topik yang hampir sama yaitu beberapa blog ramai berplatform blogspot telah dinonaktifkan. Bahkan ada yang menyertakan video dari Matt Cutts insinyur spam Google yang dibuat Desember 2012 yang berakting aneh layaknya dinosaurus kelaparan.

Berikut inti beberapa tugas (katanya) Algoritma Google Dinosaurus 2013 yang ditulis di beberapa blog untuk melahap situs atau blog yang:

  1. Memasang banyak banner iklan di blog, baik di sidebar maupun di bagian artikel;
  2. Memasang banyak link ke situs dewasa;
  3. Memasang script yang mengandung malware;
  4. Mem-posting artikel yang mengandung kata kunci dewasa berlebihan;
  5. Banyak mendapat backlink dari blog dummy auto generated content;
  6. Blog Auto generated content;
  7. Melakukan Black Hat SEO

Contoh blog yang telah menjadi korban

  • Operatorku.blogspot.com
  • Kolom-inspirasi.blogspot.com
  • Blogernas.blogspot.com
  • Gocengblog.blogspot.com

Blog di atas memang bertrafik ramai dan juga banyak iklan termasuk iklan untuk keperluan orang dewasa. Masih banyak blog lain yang serupa yang saya ketahui juga dinonaktifkan oleh blogger.com sebagai pemilik blogspot.

Algoritma Google Dinosaurus 2013

Jika mengamati dan menganalisa tulisan-tulisan yang membahas Google Dinosaurus, untuk sementara saya menyimpulkan bahwa Algoritma Google Dinosaurus 2013 adalah isu belaka. Sebagai alasan jika hanya isu adalah:

  1. Mengapa korban-korban yang dinonaktifkan adalah blogspot saja
  2. Yang membahas update algoritma Google Dinosaurus hanya blog dari Indonesia, dan lagi-lagi banyak ber-platform blogger.com
  3. Situs layanan SEO terkenal dunia tidak ada yang membahas Google Dinosaurus
  4. Kalau hanya Matt Cutts yang berakting seperti dinosaurus memang benar, hal itu sebagai gambaran Google anti spam akan bertindak lebih dahsyat lagi untuk memberantas situs spam.

Terlepas dari benar tidaknya Algoritma Google Dinosaurus 2013, kriteria yang disebutkan di atas memang hal yang tidak disukai oleh Google. Dan mulai Januari 2013 blogger.com memang ada sedikit perubahan, dan banyak pengguna blogspot yang dinonaktifkan akunnya.

Yang pasti, saya salut atas ide pertama kali untuk mengangkat topik Google Dinosaurus, entah siapa itu. Akhirnya, banyak blogger lain ikut membahasnya meski tanpa keterangan sumber resmi, termasuk saya untuk menulis tentang isu Algoritma Google Dinosaurus 2013.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

43 Komentar

  1. Bisa jadi, Ya. Atau mungkin yang banyak datang robot bukan human. Lagi pula jika hanya melihat Histats bisa saja di-hack. Sayang Google analityc cuma yang punya akun bisa melihat.
    Meski kadang ada artikel yang bagus, tapi tampilan iklan blognya yang bikin "merinding"

  2. Ini sepengetahuan saya:

    Operatorku.blogspot.com
    Kolom-inspirasi.blogspot.com
    Blogernas.blogspot.com
    Gocengblog.blogspot.com
    blogi-one.blogspot.com (kena cekal internet positif)
    Infonetmu.blogspot.com
    tejahtc.blogspot.com
    ojelhtc.blogspot.com
    kata-bergambar.blogspot.com
    asis-sugianto.blogspot.com

    mungkin masih banyak yang lain…

  3. Selama kita melakukan teknik Seo yang legal semua aman-aman saja.
    Tak peduli apa itu Dinosaurus,yang penting ngebblog menyampaikan informasi yang sebenar-benarnya,tidak menipu pengunjung apalagi search engine,jika demikian halnya,mau dinosaurus kek,,atau "kadal" sekalian gak perlu ada yang ditakuti.

  4. haduh google dinosaurus ngeri tuh, berarti yang jadi korban google dinosaurus cuma blog yang bersubdomain blogspot mas yang pake tld imabasnya gimana tuh. suaradetik.com

  5. Menurut kami Algoritma Google Dinosaurus/Google Dinosaurs (English) memang benar adanya.
    Anda bilang saat mencari di Google tidak ditemukan artikel mengenai Google Dinosaurus atau yang membahas hanya blog indonesia saja.

    Itu mungkin karena anda mencari dengan kata kunci yang salah. Seharusnya "Google Dinosaurs" maka akan ketemu banyak sekali blog luar yang membahas masalah itu.

    Dan contoh blog fenomenal yang terhapus adalah
    terselubung.blogspot.com